Welcome To Grup Facebook Belajar "BAHASA INGGRIS"




Grup Bahasa Inggris adalah sebuah grup Facebook yang saya dirikan sebagai wadah berbagi ilmu pengetahuan seputar Bahasa Inggris, hingga saat ini anggotanya sudah hampir mencapai 5000-an dan terus bertambah setiap harinya. Anggota grup facebook Bahasa Inggris ini sangat bervariasi, dari yang awam sampai yang master ada di grup ini. Diharapkan dengan adanya grup ini semua anggota mampu berbahasa inggris dengan baik, juga dapat menjalin persahabatan dan silaturahmi antara sesama anggota. Melihat antusias banyak orang yang ingin bergabung dalam grup ini, saya terinspirasi untuk membuat sebuah blog yang tujuannya untuk membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tidak/belum terjawab dengan tuntas melalui komentar-komentar yang ada di grup facebook tersebut sehingga Grup Bahasa Inggris yang kita bangun bersama ini dapat memberikan manfaat yang lebih baik lagi kedepannya.

Saya berharap niat baik saya ini mendapat dukungan dari semua anggota baik yang sudah bergabung, maupun yang belum bergabung dalam Grup Bahasa Inggris yang kita bangun bersama ini. Motto saya: “Bagikan semua ilmu pengetahuanmu hingga tidak ada lagi yang bisa kamu bagikan” artinya: Ilmu itu tidak harus disimpan untuk diri sendiri, bagikanlah kepada semua orang jika itu bermanfaat buat orang lain. Walaupun ilmu itu sebenarnya tidak gratis, kita bisa membagikannya dengan gratis kepada semua orang dengan imbalan pahala untuk tabungan kita di akhirat kelak, setuju??

Kami mengajak semua orang yang belum bergabung untuk ikut berbagi bersama kami di Grup Bahasa Inggris ini, tidak ada batasan usia, tidak ada persyaratan khusus, kami hanya mengharapkan sopan santun, etika dan niat baik anda, itu saja sudah lebih dari cukup sebagai persyaratan anggota baru grup kita.

Dalam membangun sebuah komunitas tentunya selalu ada celah dan kekurangan, kami menyadari sepenuhnya akan hal itu. Untuk itu kritik dan saran yang membangun dari semua anggota sangat kami harapkan demi kemajuan kita bersama. “Tak ada gading yang tak retak” tidak pula “Hujan sehari bisa menghilangkan dahaga setahun”. Semua butuh proses, setiap perjalanan selalu ada rintangan dan hambatan yang menjadikan kita lebih dewasa, lebih kuat, dan lebih baik lagi dimasa yang akan datang. Begitu juga dengan belajar bahasa inggris, lebih baik belajar selama 15 menit sehari tetapi rutin, dari pada 12 jam sehari tetapi jarang.

Belajar Bahasa Inggris bukanlah hal yang sulit, namun juga tidak mudah. Nah lho… gimana maksudnya??
Kita harus membangun mindset yang baik sejak awal kita ingin melakukan sesuatu. Jika sejak awal kita beranggapan bahwa belajar bahasa inggris itu sulit, maka kita akan kesulitan untuk mempelajarinya, sebab mindset tersebut akan mempengaruhi otak kita dalam menyerap pelajaran-pelajaran bahasa inggris yang akan kita pelajari sehingga kita selalu merasa kesulitan, dan akhirnya otak kita menolak untuk belajar.

Lakukan dengan perlahan, jika otak kita merasa lelah… berhentilah sejenak atau lanjutkan esok hari saja sehingga otak tidak merasa terpaksa untuk berfikir. Seperti yang saya katakan tadi, belajar 15 menit tetapi rutin setiap hari akan lebih efektif dari pada belajar selama berjam-jam namun jarang, atau hanya sekali seminggu.

Ada banyak cara untuk belajar bahasa inggris, menurut saya semakin banyak kosakata yang kita miliki, maka akan semakin baik dan semakin mudah kita untuk merangkai sebuah kalimat bahasa inggris. Sebagian orang mempelajari tata bahasanya dulu (Grammar) sambil menghapal kosakata (Vocabulary), ada juga yang melakukan sebaliknya. Semua itu tergantung dari diri kita sendiri, lebih senang cara yang mana. Kalau saya sendiri, belajar dengan cara menghafal sedikitnya 5 kosakata (vocabulary) setiap harinya, jika dikalikan selama sebulan atau 30 hari maka saya telah memiliki perbendaharaan kata sebanyak 5x30=150 kata tiap bulannya.

Cara lainnya: bagi yang suka musik atau dengerin lagu berbahasa inggris, bisa dengerin lagu sambil membaca lirik lagunya dan cari terjemahannya, dengan demikian perbendaharaan kata kita juga akan bertambah. Bisa juga dengan menghafal sebuah percakapan (conversation), kita bisa langsung hafal per kalimatnya tanpa harus merangkai lagi dari kata-kata menjadi kalimat yang utuh dan benar.

Saya tidak mungkin menjabarkan secara rinci dalam kata sambutan ini tentang hal-hal apa saja yang perlu dipelajari dalam Bahasa Inggris, karena belajar bahasa inggris itu tidak akan tuntas dalam sehari,  ikuti saja selangkah demi selangkah… maka tidak akan terasa berat, tanpa kita sadari kelak kita akan menguasai semua ilmunya atau setidaknya kelak kita mampu berbahasa inggris dengan baik. Setuju kan guys?? Insyaallah saya akan membagikan ilmu bahasa inggris dan pengalaman saya dengan bahasa yang mudah difahami dan sederhana melalui blog ini sehingga sahabat-sahabat dapat belajar bersama-sama.

Sampaikanlah kritik, saran, pertanyaan melalui komentar dalam setiap artikel saya nanti…

Akhir kata, terimakasih untuk yang sudah bergabung… selamat datang untuk anggota-anggota baru…
Semoga Bermanfaat…

                                                             Salam Hangat,

                                                             Penulis


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 comments: